Jamiah Al-Hidayah Membersihkan Masjid Menjelang Ramadan

  • Apr 03, 2024
  • Triyono, SP
  • Keagamaan

Banjarlor Masjid merupakan tempat ibadah, oleh karena itu harus selalu dijaga kebersihan dan kesuciannya. Seorang muslim wajib merawat masjid setidaknya dengan menjaga kebersihan dan kesuciannya secara sungguh-sungguh. Bersihnya sebuah masjid dapat menciptakan rasa nyaman dan khusyuk dalam beribadah. Terlebih jika kita berkaca pada hadis yang menyatakan bahwa “Kesucian adalah sebagian dari iman.”, maka kebersihan juga termasuk salah satu komponen yang dapat mendatangkan pahala.

Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, Jamiah Al-Hidayah Desa Banjarlor melaksanakan kerja-bakti membersihkan Masjid Syuhada Desa Banjarlor. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2024 sebagai bentuk kecintaan terhadap kebersihan tempat ibadah. Tujuan kegiatan ini disamping mengkondisikan masjid agar tetap terjaga kebersihannya, juga untuk membangkitkan kepedulian anggota jamiah dan menstimulasi kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnya lingkungan masjid.

Baca juga: Kirab Marhaban Ya Ramadan, Selamat Datang Bulan Suci Ramadan

Kerja-bakti dilaksanakan dalam wujud aksi menyapu dan mengepel seluruh bagian lantai masjid termasuk tempat wudu dan kamar mandi, membersihkan karpet dan kipas angin dari kotoran dan debu, dan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di halaman masjid.

Hikmah adanya kerja-bakti Jamiah Al-Hidayah ini, ke depannya kegiatan serupa diharapkan dapat dilaksanakan pada setiap bulan di masjid-masjid dan musala-musala yang ada di Desa Banjarlor.

 

(try)