Bimbingan Teknis Kewirausahaan dan Pemberian Bantuan Stimulan

  • Feb 22, 2023
  • Cecep Supriyadi
  • Kilas Balik

Banjarlor – Wirausaha sebagai salah satu kategori pekerjaan tidak hanya identik dengan masyarakat perkotaan, akan tetapi banyak ditemukan juga pada masyarakat di perdesaan. Pada umumnya mereka yang memilih untuk berwirausaha akan menjadikan pekerjaan tersebut sebagai mata pencaharian utama, bahkan mata mencaharian tunggal.

Berkaitan dengan kewirausahaan, Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes telah melaksanakan Program Pemberian Bantuan Stimulan dan Bimbingan Teknis (bimtek) Kewirausahaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, Kabupaten Brebes Tahun 2022. Masyarakat Desa Banjarlor pun telah diberi kesempatan untuk mengikuti bimtek dan mendapat bantuan stimulan untuk mengembangkan usahanya. Peserta bimtek yang sekaligus juga sebagai penerima bantuan berasal dari 7 desa yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Brebes. Masing-masing desa mendapat kuota 10 orang peserta.

Baca juga: Ketahanan Pangan: Pembagian Ikan Lele Hasil Panen kepada Masyarakat

Kriteria atau pun ketentuan peserta bimtek dan penerima bantuan adalah sebagai berikut:
  1. Masyarakat miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  2. Mempunyai usaha atau minat usaha
  3. Berusia produktif (20 s.d. 50 tahun)
  4. Belum pernah menerima bantuan stimulan dari pemerintah daerah atau OPD lain

Pelaksanaan bimtek dan pemberian bantuan dikoordinir oleh Dinas Sosial Kabupaten Brebes. Peserta bimtek dan pemberian bantuan dibagi kedalam 2 wilayah. Wilayah Barat, pesertanya berjumlah 40 orang, berasal dari 4 desa, termasuk Desa Banjarlor. Wilayah Timur pesertanya berjumlah 30 orang, berasal dari 3 desa. Bimtek dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022. Para peserta membawa produk hasil usahanya masing-masing. Ada yang membawa produk kerajinan, kuliner, dan produk wirausaha lainnya. Pada sesi akhir hari ke-2 dilaksanakan pemberian bantuan stimulan sebesar Rp 1.000.000,00 per orang. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S.E., M.H. Tujuan pemberian bantuan adalah agar masyarakat tidak mampu yang berwirausaha termotivasi untuk mengembangkan usahanya.

 

(csi)