Ketahanan Pangan: Pembagian Ikan Lele Hasil Panen kepada Masyarakat

  • Mar 05, 2023
  • Cecep Supriyadi
  • Pemdes All Year

Banjarlor – Dalam rangka melaksanakan Program Ketahanan Pangan, Pemerintah Desa Banjarlor telah mengalokasikan anggaran Dana Desa tahun 2022 untuk kegiatan budidaya ikan lele yang meliputi pembuatan kolam lele beserta kelengkapannya serta pengadaan bibit ikan beserta nutrisinya. Lokasi kegiatan berada di wilayah RT 004 dan RT 005.

Kegiatan yang dimulai pada bulan-bulan akhir tahun 2022 tersebut akhirnya menuai hasil. Pada hari Senin tanggal 27 Februari 2023 ikan lele hasil budidaya akhirnya dipanen. Hasil panen memang belum maksimal jika dilihat dari segi kualitas, mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan sektor perikanan perdana yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa. Untuk mencapai hasil yang memuaskan, budidaya perikanan memang memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup, serta tentu saja faktor keberuntungan juga memegang peranan.

Baca juga: El Harum Manis Penggiat Usaha Baru di Desa Banjarlor

Hasil panen dibagikan kepada masyarakat sekitar dan diutamakan masyarakat tidak mampu yang belum mendapat bantuan. Sebagian hasil panen diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang notabene termasuk kategori warga tidak mampu, kehilangan pekerjaan, atau memiliki anggota keluarga yang menderita sakit kronis, sakit menahun, dan penyandang difabel.

Kegiatan budidaya lele ini secara eksternal berfungsi sebagai stimulan dan juga percontohan bagi masyarakat. Adapun tujuan kegiatan budidaya ini adalah memotivasi masyarakat agar tergerak untuk melaksanakan budidaya perikanan secara mandiri. Dengan demikian diharapkan masyarakat akan dapat meningkatkan taraf ekonomi dan mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri pula.

 

(csi)